Langsung ke konten utama

STABILITAS KAPAL PERIKANAN DAN NIAGA






STABILITAS
Definisi :
Stabilitas atau keseimbangan adalah sifat/kecenderungan dari sebuah kapal untuk kembali kedudukan semula setelah mendapat senget (kemiringan) karena gaya – gaya dari luar.
Hal – hal yang mempengaruhi keseimbangan kapal:
  1. Faktor Internal
Tata Letak barang / cargo
  1. Faktor Eksternal ( gaya – gaya dari luar yang memiringkan kapal)
    • Angin
    • Arus
    • Ombak
    • Badai

Macam – macamkapal dibagi menjadi :( sesuai fungsi/misinya)
  1. Kapal Hankam
  2. Kapal Niaga
  3. Kapal Ikan

Terbenamnya kapal
Faktor – faktor pembenaman kapal :
  1. Berat kapal itu sendiri
  2. Muatan / cargo
  3. Sarat kapal (draft) adalah bagian kapal yang terbenam dalam air






Kondisi – kondisi kapal dalam air (gambar):                                           (miring = α )
Kapal melintang                                              (miring)                            - C   = Center line
                         Cl                                                                                    - WL= Water line
                                                                                                 cl
                           • M                               W
   W                                            L                                    • M
                           • G                                                      
                           • B                                                   • G                      L
                                                                                • B

Kapal membujur                                  ( By head )                              (By stern)
   (even keel)                                        Tungging                                 Tonggak













 







II. KRITERIA STABILITAS

  1. Stabilitas Kapal Dinamis
  2. Stabilitas Kapal Statis
Macam-macamnya :
1. Stabilitas Membujur
2. Stabilitas Melintang :
·         Sudut senget kecil α ( 00 - 150 )
·         Sudut senget besar α (  > 150   )


Stabilitas Kapal yang dipelajari disini yaitu :
Stabilitas kapal yang melintang dengan sudut senget antara 00  - 150
( Stabilitas awal ).
Menghitung KM :
      Gambar :        C        
Ket :
C       = Center line
WL    = Water lined
d        =  Draft
b        =  Lebar kapal  
 
       b








 


    W                                               L

                                            d



RUMUS  : KM = KB + BM

Berdasarkan penelitian maka : BM =    b2
                                                              10d
Mencari KB :
    Gambar :
                        C











 


                                                 W                                      L
W                                       L                                                  W                                        L

                           Bbbb
KB = 0,66 d
Untuk kapal dasarnya yang berbentuk V
 
KB = 0,53 d
Untuk kapal dasarnya yang berbentuk
Lengkung tidak V dan tidak U
 
KB = 0,5 d
Untuk kapal dasarnya yang berbentuk U
 
                           












III. TITIK-TITIK PENTING DALAM STABILITAS KAPAL

Gambar :


Keterangan :
b    =  Lebar kapal
CL =  Center line
WL= Water line
d    = draft = sarat kapal
M  = Titik Metacentrum
K   = Keel = lunas kapal
B    = Titik apung
 
 
                             CL


                               • M          
     W                                             L
                               •G            
                  X
                   •B





RUMUS ;


GM  =  indikator dari kemampuan                                      stabilitas kapal yang
dimiliki  oleh sebuah kapal
 
 
KM  = KG + GM
        = KB + BM
GM  = KM + KG
          
            BM =    b2
                       10d

Definisi – definisi :
Titik Apung Kapal (B) adalah titik tangkap dari semua gaya-gaya yang bekerja kearah atas atau juga sebagai titik berat dari bagian badan yang terpendam dalam air.

Titik Metacentrum (M) :
Adalah titik apung antara garis yang tegak lurus yang ditarik dari titik apung (B) dari sebuah kapal yang menyenget / miring paling banyak 150 dengan bidang tegak kapal.

Titik Berat (G):
Adalah titik tangkap dari semua gaya-gaya yang bekerja ke bawah, letak titik G tergantung dari pembagian bobot di kapal.




IV. Macam-macam Stabilitas

-          oleng = langsar = tender →             kecil (+) Gmnya
-          canggung = stiff = kaku →                    besar sebuah kapal dikatakan mempunyai stabilitas positif bila M berada diatas G dalam hal ini moment stabilitas adalah positif
 
1. Stabilitas Positif (=stabil)
            Gambar:     CL


 




  W                   M                              L


 
                       G •    • Z 
                     B •



a. kapal langsar (tender)
-          jarak GM terlalu kecil
-          oleng-olengan lamban
-          adanya bahaya untuk stability
 
    gambar:              CL


 




  W                                               L
                         M•
                       G •    • Z 
                     B •




b. kapal kaku  (stiff)
    gambar :
-          GM terlalu besar
-          Cepat tersentak-sentak
-          Tidak ada bahaya
 
                              CL


 



                             M•
  W                                                      L


 
                       G •    • Z 
                     B •




            Kapal dengan GM yang baik (Reasonable) = 5% x B
Mis : 5/10 x 25ft = 1,25 ft
CATATAN TAMBAHAN STABILITAS POSITIF
  1. Oleng = Langsar = tender
Kapal disebut oleng bila tinggi Metacentrik ( MG) adalah kecil dalam hal ini momen stabilitas adalah kecil, jadi dengan gaya yang sedikit dapat membuat kapal senget (=sudut miring). Kapal oleng (langsar) berbahaya mudah terbalik. Untuk menolong ini maka muatan-muatan yang berat harus diturunkan kebawah
  1. Canggung =stiff = kaku
Kapal dikatakan canggung bilamana tinggi M besar dalam keadaan positif. Dalam hal ini moment stabilitas adalah besar. Jadi bila terjadi senget dibutuhkan gaya yang besar. Kapal yang canggung jika ia miring dengan segera kembali tegak secara menyentak. Untuk menjaga ini maka perlu titik berat (G ) ditinggikan dengan membawa benda – benda  berat lebih tinggi    


2. Stabilitas Negatif ( = labil = Unstable Equilibrum )
Sebuah kapal dikatakan mempunyai stabilitas negatif, bila M terletak dibawah G dalam hal ini momen stabilitas adalah negatif
 
    Gambar :
:                             CL


 




  W                   G                               L


 
                       M•     
                     B •




Angel of Loll = kapal duduk miring ( III – V )
Sudut miring tegak dari kapal yang semula mempunyai kesetimbangan negatif bila mendapat gaya dari luar sehingga terjadi sudut miring yang tetap.


 
Angel of Loll = Tangen c =     2GM
                                                        BM

3.Stabilitas Netral (Netral Equilibrium) = bimbang

Gambar

Sebuah kapal dikatakan mempunyai stabilitas bimbang, bila M jatuh sama dengan G, dalam hal ini momen Stabilitas (=momen penegak)=0

MOMENT = 0, KAPAL TETEP MIRING: TINDAKAN : MENURUNKAN TITIK G: sehingga timbul momen penegak
 
                              CL


 




  W               M=G •                               L


 
                             
                      B•   







Kapal Miring dan Momen Penegak
Rumus :  Sinα =    GZ
                             GM
GZ = GM Sinα

Gambar.

                              CL







Keterangan

M         : Metracentrum
G         : Titik Berat
B         : Titik Apung
K         : Kell ( Lunas Kapal )
CL       : Center Line
              Sudut Kemiringan Kapal
GZ       : Momen Penegak
            : Tinggi Metacentris
            : Lengan Penegak
 

 



                         M•
  W                        Î±                             L


 
                    G •       • Z 
                  B •

                 . K








VI. Cara Menentukan Titik G ( KG ) / Jarak titik G

1. Dengan Dalil Moment              : KG =    Z
                                                                     W

2. Hukum Geser                            : GG1= W x d 
                                                                      W

3. Percobaan Stabiliteit                 : GM = W x d
( Mencari GM kapal kosong)        W x Tg α


ad.1) Dalil Momen :
Momen dari satu gaya terhadap satu titik = hasil kali gaya dengan jarak dari titik itu.



VII. BERAT BENAMAN

VII.a. Berat Benaman (BB) (= isi tolak=Dispalacement)
 Adalah : Jumlah ton air yang dipindahkan oleh bagian kapal ( Hukum Archimedes) yang tenggelam dalam air.


                      







H. Archimedes :
Gaya tekan keatas = sebesar berat benda memindahkan air
 

 







Gambar.




2 ( di dalam praktek)

BB = Berat kapal kosong + segala sesutu yang ada di kapal
      = (light Displacemen) + (DWT)
VII.-b.Berat Kapal Kosong =  termasuk mesin – mesin kapal / alat –alat yang    melekat  pada kapal : Winch, jangkar, rantai, bolder, tiang – tiang, pada tangker jembatan, dsb.

-          Segala sesuatu yang ada di kapal : (DWT) = Dead Weight Tonage)
Terdiri dari
-     (al) ABK / penumpang
-          air tawar / fresh water ; untuk mandi atau cuci
-          air minum / drink water (mineral)

I.                   Operating load 
-          bahan bakar
-          perlengkapan lepas : Tali – tali tros, spring
-          bekal – bekal / KOMALIMAN : piring – piring, dsb, (beras, gula dsb)
-          minyak, pelumas.
II. Muatan / Cargo (= Cargo DWT)
  1. Operating load = alat – alat sarana – sarana untuk mengoperasikan kapal, tanpa    sarna ini kapal tidak akan berjalan/ beroperasi/ berlayar.
  2. Cargo DWT = jumlah mutan cargo yang dapat di muat di kapal.

KESIMPULAN :

Berat Benaman                                = Light Displacment + Operating Load + Cargo

DWT                                                = Operating Load + Cargo

Berat Benaman                                 = Light Displacment + DWT

       VII. c. TPI = Tons per inch Immersion

Adalah : Jumlah ton cargo yang harus di muat atau di bongkaruntuk mengubah sarat (Draft) rata- rata kapal sebanyak satu inch. 
Contoh : 25, artinya………..

   1000    2000    3000    4000   5000     6000    7000   8000   9000    10000










28


 






26









24









22









20









18









16
 








14









12









10

















VII. d. Skala Bobot Mati = DWT (Operating load + Cargo)

  1000        2000          3000         4000           5000          6000         7000          8000


 





20







18






16







14







10








Ton
Lengkungan berat mati

    VII. e. Skala Isi Tolak = Berat Benaman (= Light Ship + OL + Cargo) 
                                                                                                                             10000






























30
 











25
 













20
 












15
 












10
 












5
 













                                                            Lengkungan isi Tolak










VII. f. Skala Ton Per Inch

Gambar:


       5          10       15        20        25        30      35        40        45       50










18
 

 



 


16









14









12









10
 








8









6









4









2









0









                                         Lengkung Ton Per Inchi



Skala Tegak Iisi Kotor (Dispacment), dan
Skala Tegak Bobot Mati (DWT)

Dari lengkungan isi kotak dapatlah direncanakan Skala isi tegak isi tolak danskala tegak bobot mati (DWT)
Skala amat banyak di gunakan di kapal
Susunannya adalah sedemikian rupa sehingga orang mudah sekali iktisar dari jenis berat muatan yang berada di kapal pada setiap sarat (draf) tertentu
Contoh:












VIII. PLIMSOL MARK

VIII.a. Gambar
                      Garis Dek


 
             300 mm`

                                                     Dep


 
                                                        TF

                                                         F                                     230 mm




















 
            230 mm
                                                                                                                    T






 
                                                                                                                     S

                         300 mm                                                                               W






 
                          450 mm                                                                               WNA

Keterangan gambar:

(a = W / 40 Tpi )

( b = 1/ 48 x Draft )

TPI = Ton Per Inch Immersion


TF                 : Garis mutan di daerah air tawar khatulistiwa ( Tropic fresh)
F                   : Garis mutan di dareerah air tawar ( fresh )
T                   : Garis muatan musim tropic (Tropic)
S                   : Garis muatn musim panas (Summer)
W                 : Garis muatan musim dingin (Winter)
W.N.A         : Garis muatan musim dingin Atlantik Utara (Winter North Atlantic)
G.L.              :Germanche Llyod ( Badan Klasifikasi Internasional)  

         Tabel dri garis – garis ini adalahsatu inch dan titik tengah lingkaran adalah segaris dengan garis S dan jaraknya masing – masing seperti terlukis di atas. Lingkaran, huruf – huruf, garis – garis terlukis dengan cat putih atau kungin, pada lambung kapal kiri dan kanan gelap.

Definisi :
               Yaitu suatu tanda di lambung kiri kapal dan kanan yang berhubungan dengan keselamatan dalam pelayaran.


Fungsinya :
               Untuk membatasi pemutan kapal sehingga kapal tersebut masih memiliki daya apung cadangan (lambung timbul/ freeboard) yang cukup bila  mampu berlayar di berbagai daerah pelayaran / zona dengan berbagai macam musim.


VIII. C. BERBAGAI MACAM MUSIM

Gambar:                        KU
                                                                                Periodik Winter North Winter
                                   
                                                                                     Permanent Summer Zone







 


        E                                                             Permanent  Tropik Zone



 
                                                                                        Permanent Summer Zone


 
                                                                                  Periodik Winter North Winter
                                        KS
Keterngan :
         `Untuk permanen tropic zone, boleh memuat sampai batas garis T sepanjang tahun.
         `Untuk permanen summer zone, boleh memut sampai sepanjang garis S sepanjang tahun.

         `Untuk periode winter north zone, pemutannya:
         (S)   =  Summer, dari tanggal 16 april – 15 oktober (panas dan semi).
         (W)  =  winter, dari tanggal 16 april – 15 oktober.
        
         `Untuk periode winter south zone, pemutannya:
-          Summer, dari tanggal 16 oktober – 15 april.
-          Winter, dari tanggal 16 apri – 15 oktober.
              
Keteranagan tambahan:
-          Diatas lintang 35º U kapal berlayar memakai WNA
-          Dibawah lintang 35º U kapal berlayar selain memakai WNA
-          Bagi kapal – kapal tanker yang panjangnya lebih besar dari 330 feet (1100) tidak di haruskan memuat garis WNA. Khusus kapal tanker jarak garis muat W sampai dengan WNA. 1 inchi untuk setiap 100 feet panjang kapal tanker, karena kapal tanker memut barang berbahaya (minyak ) dalam jumlah yang besarmuatannya.

VIII. d. Lambung timbul kapal
         Yaitu lambung yang timbul di permukaan air yang batas deck line sampai batas musim di mana kapal berlayar. Makin besar free board nya maka makin besar jugalah daya apungnya begitu juga sebaliknya.
Untuk garis T (tropic), S (summer), W ( winter), WNA  (winter north atlantic), berlaku untuk air laut yang Bj nya = 1,025. untuk garis TF (tropic fresh), dan F (fresh), berlaku untuk air tawar yang Bj nya 1000untuk jarak b 1/48 Summer draft, atau ¼ inchi untuk seyiap 1 feet summer.
VIII. e. Badan – Badan Internasional yang Terkenal dan Berwenang dalam Klafikasi Kapal

GL    : Germanische Llyd (Jerman)
KI     :  kasifikasi Indonesi (Indonesia)
AB   :  American beareuof shiping (Amerika)
NK   :  Nipon kaiji kyoksi (Jepang)
NV   :  Det Norshe Vritas (Norwegia)
BV   :  Bureu Veritas of Shipping (prancis)

         Dari siat vertical dead weight scale (skala tegak boot mati) diketahui berat benaman kapal kosong (light ship displasment) adalah 3.500 ton.
Ditanyakan:
a.       berapa DWT saat berat benaman 6.800 ton ?
b.      berapakah berat benaman pada DWT 2.600 ton?
Jawab : Displement = berat benaman = berat zat cair yang di pindahkan.
               Berat benaman = light disph + DWT
Jadi :
  1. DWT = 6.800 – 3.500 = 3.300 ton.
  2. Disp   = 3.500 + 2.800 = 6.100 ton.

 sumber :

CAPT. RUBIANTO

CAPT. RUBIANTO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Pengoperasian Trawl (Cantrang )

kapal penagkapan ikan dengan alat tangkap Trawl 1     Kapal Pukat Hela Kapal penangkap ikan yaitu kapal yang secara khusus dipergunakan untukmenangkap ikan termasuk menampung, menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan.   Berdasarkan pengertian kapal secara umum, kapal pukat hela merupakan jenis kapal penangkap yang digunakan khusus untuk penangkapan ikan yang menggunakan pukat hela yang telah didesain secara kdengan fisik kapal yang kuat serta peralatan yang menunjang. Kapal pukat hela dapat dilihat pada gambar 1 di bawah ini. Gambar 1 .Kapaloperasipukatudang (Petani, 2012) Menurut Ardidja (2010), dalam pengelompokannya kapa pukat udang dibagi menjadi empat kelompok, yaitu: 1.       Kapal pukat hela belakang, jenis kapal ini dapat berukuran 200GT. Kapal-kapal berukuran lebih dari 300 GT dilengkapi dengan slip way dan roller di buritan, yang berfungsi sebagai alur pukat hela. 2.       Kapal pukat hela samping, jenis kapal ini merupakan kapal yang didesain untuk meng

Alat Tangkap Purse Seine

2.1 Kapal Perikanan Kapal perikanan dikaitkan dengan bidang pekerjaannya yang sangat dinamis dan berisiko tinggimengharuskan kapal memiliki stabilitas yang cukup.   Berdasarkan ketentuan bahwa kapal perikanan harus memiliki stabilitas awal (Initial stability) tidak kurang dari 0,6 meter ( Ardidja2007) .             Kapal Perikanan adalah kapal, perahu, atau alat apung lain yang digunakan untuk melakukan penangkapan ikan, mendukung operasi penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, pengangkutan ikan, pengolahan ikan, pelatihan perikanan, dan penelitian/eksplorasi perikanan( UU No. 45 Tahun 2009 Tentang perikanan). 2.2   Kapal Purse seine Ardidja 2010, Mengatakan. Kapal pukat cincin ( puse seine ) adalah kapal yang paling penting dan efektif untuk menangkap sekumpulan (Schooling) ikan yang berada di dekat permukaan.Sebagai sarana pengamatan ikan dibangun tempat panjarwala (crows nest) di tiang utama, pada kapal pukat cincin berukuran besar (tuna purse seine) dibangun

Teknik Pengoperasian alat tangkap Huhate Atau Sering Disebut Dengan Pole and Line

1 Definisi Huhate Huhate atau sering disebut dengan pole and line adalah alat tangkap yang menggunkan tongkat/joran (pole) dan tali (line) . Huhate termasuk alat tangkap yang selektif karena pada umumnya hanya menangkap ikan cakalang saja. Jika ditinjau dari cara penangkapan dan pengopersian alat, huhatetermasuk alat tangkap yang ramah lingkungan. Ikan yang menjadi target tangkapan huhate adalah ikan pelagis besar, yaitu cakalang (skipjack) . Ada kalanya tuna berukuran kecil, sekitar 5-10 kg, juga tertangkap. Di Indonesia huhate pada umumnya dioperasikan di kawasan perairan Indonesia tengah dan timur. Di kawasan perairan Indonesia barat, pancing huhate jarang digunakan oleh para nelayan.        Penangkapan dengan huhate menggunakan umpan berupa ikan-ikan kecil yang disukai oleh cakalang. Umpan yang digunakan adalah umpan hidup. Oleh karena itu, kapal huhate selalu dilengkapi ddengan palka ikan hidup untuk mempertahankan umpan yang diangkut tetap hidup smapai di fishing g