STABILITAS
Definisi :
Stabilitas atau keseimbangan adalah sifat/kecenderungan dari sebuah kapal
untuk kembali kedudukan semula setelah mendapat senget (kemiringan) karena gaya
– gaya dari luar.
Hal – hal yang mempengaruhi keseimbangan kapal:
- Faktor Internal
Tata Letak barang / cargo
- Faktor Eksternal ( gaya – gaya dari luar yang memiringkan kapal)
- Angin
- Arus
- Ombak
- Badai
Macam – macamkapal dibagi menjadi :( sesuai fungsi/misinya)
- Kapal Hankam
- Kapal Niaga
- Kapal Ikan
Terbenamnya kapal
Faktor – faktor pembenaman kapal :
- Berat kapal itu sendiri
- Muatan / cargo
- Sarat kapal (draft) adalah bagian kapal yang terbenam dalam air
Kondisi
– kondisi kapal dalam air (gambar): (miring
= α )
Kapal melintang (miring) - C = Center line
Cl
- WL= Water line
cl
• M W
W L • M
• G
• B • G L
•
B
Kapal membujur ( By head ) (By stern)
(even keel) Tungging Tonggak
II. KRITERIA STABILITAS
- Stabilitas Kapal Dinamis
- Stabilitas Kapal Statis
Macam-macamnya :
1. Stabilitas Membujur
2. Stabilitas Melintang :
·
Sudut senget kecil α ( 00
- 150 )
·
Sudut senget besar α ( > 150
)
Stabilitas Kapal yang dipelajari disini yaitu :
Stabilitas kapal yang melintang dengan sudut senget antara 00 - 150
( Stabilitas awal
).
Menghitung KM :
Gambar
: C
|
W L
d
RUMUS : KM = KB + BM
Berdasarkan penelitian maka : BM = b2
10d
Mencari
KB :
Gambar :
C
W L
W L W L
Bbbb
|
|
|
III.
TITIK-TITIK PENTING DALAM STABILITAS KAPAL
Gambar :
|
CL
• M
W L
•G
X
•B
RUMUS ;
|
KM = KG + GM
= KB + BM
GM = KM + KG
BM = b2
10d
Definisi – definisi :
Titik Apung Kapal (B) adalah titik tangkap dari
semua gaya-gaya yang bekerja kearah atas atau juga sebagai titik berat dari
bagian badan yang terpendam dalam air.
Titik Metacentrum (M) :
Adalah titik apung antara garis yang tegak lurus
yang ditarik dari titik apung (B) dari sebuah kapal yang menyenget / miring
paling banyak 150 dengan bidang tegak kapal.
Titik Berat (G):
Adalah titik tangkap dari semua gaya-gaya yang
bekerja ke bawah, letak titik G tergantung dari pembagian bobot di kapal.
IV. Macam-macam Stabilitas
|
Gambar: CL
W
M
• L
G • • Z
B •
a. kapal langsar
(tender)
|
W
L
M•
G • • Z
B •
b. kapal
kaku (stiff)
gambar :
|
M•
W L
G • • Z
B •
Kapal
dengan GM yang baik (Reasonable) = 5% x B
Mis : 5/10 x 25ft = 1,25 ft
CATATAN TAMBAHAN
STABILITAS POSITIF
- Oleng = Langsar = tender
Kapal disebut oleng bila tinggi
Metacentrik ( MG) adalah kecil dalam hal ini momen stabilitas adalah kecil,
jadi dengan gaya
yang sedikit dapat membuat kapal senget (=sudut miring). Kapal oleng (langsar)
berbahaya mudah terbalik. Untuk menolong ini maka muatan-muatan yang berat
harus diturunkan kebawah
- Canggung =stiff = kaku
Kapal
dikatakan canggung bilamana tinggi M besar dalam keadaan positif. Dalam hal ini
moment stabilitas adalah besar. Jadi bila terjadi senget dibutuhkan gaya yang
besar. Kapal yang canggung jika ia miring dengan segera kembali tegak secara
menyentak. Untuk menjaga ini maka perlu titik berat (G ) ditinggikan dengan
membawa benda – benda berat lebih
tinggi
2. Stabilitas Negatif ( = labil = Unstable
Equilibrum )
|
: CL
W G • L
M•
B •
Angel of Loll =
kapal duduk miring ( III – V )
Sudut miring tegak
dari kapal yang semula mempunyai kesetimbangan negatif bila mendapat gaya dari luar sehingga
terjadi sudut miring yang tetap.
Angel of Loll =
Tangen c = 2GM
BM
3.Stabilitas Netral (Netral Equilibrium) = bimbang
Gambar
|
W M=G • L
B•
Kapal Miring dan Momen Penegak
Rumus : Sinα =
GZ
GM
GZ = GM Sinα
Gambar.
CL
|
|||
M•
W α L
G • •
Z
B •
. K
VI. Cara Menentukan Titik G ( KG ) / Jarak titik G
1. Dengan Dalil Moment : KG
= ∑Z
∑W
2. Hukum Geser :
GG1= W x d
W
3. Percobaan Stabiliteit : GM = W x d
( Mencari GM kapal kosong) W x Tg α
ad.1) Dalil Momen :
Momen dari satu gaya terhadap satu titik = hasil
kali gaya dengan jarak dari titik itu.
VII. BERAT BENAMAN
VII.a. Berat Benaman (BB) (= isi
tolak=Dispalacement)
Adalah :
Jumlah ton air yang dipindahkan oleh bagian kapal ( Hukum Archimedes) yang
tenggelam dalam air.
|
|||
Gambar.
2 ( di dalam praktek)
BB = Berat kapal kosong + segala sesutu yang ada di kapal
= (light Displacemen) + (DWT)
VII.-b.Berat
Kapal Kosong = termasuk mesin – mesin
kapal / alat –alat yang melekat pada kapal : Winch, jangkar, rantai, bolder,
tiang – tiang, pada tangker jembatan, dsb.
-
Segala sesuatu yang ada di
kapal : (DWT) = Dead Weight Tonage)
Terdiri dari
- (al)
ABK / penumpang
-
air tawar / fresh water ; untuk
mandi atau cuci
-
air minum / drink water
(mineral)
I.
Operating load
-
bahan bakar
-
perlengkapan lepas : Tali –
tali tros, spring
-
bekal – bekal / KOMALIMAN :
piring – piring, dsb, (beras, gula dsb)
-
minyak, pelumas.
II. Muatan / Cargo
(= Cargo DWT)
- Operating load = alat – alat sarana – sarana untuk mengoperasikan kapal, tanpa sarna ini kapal tidak akan berjalan/ beroperasi/ berlayar.
- Cargo DWT = jumlah mutan cargo yang dapat di muat di kapal.
KESIMPULAN :
Berat Benaman = Light
Displacment + Operating Load + Cargo
DWT
= Operating Load + Cargo
Berat Benaman = Light
Displacment + DWT
VII. c. TPI = Tons per inch Immersion
Adalah : Jumlah ton cargo yang harus di muat
atau di bongkaruntuk mengubah sarat (Draft) rata- rata kapal sebanyak satu
inch.
Contoh : 25, artinya………..
1000 2000 3000
4000 5000 6000
7000 8000 9000
10000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VII. d. Skala Bobot Mati = DWT (Operating load
+ Cargo)
1000
2000 3000 4000 5000 6000 7000 8000
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Ton
Lengkungan berat mati
Lengkungan berat mati
VII.
e. Skala Isi Tolak = Berat Benaman (= Light Ship + OL + Cargo)
10000
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lengkungan
isi Tolak
VII. f. Skala Ton Per Inch
Gambar:
5 10 15
20 25 30
35 40 45
50
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lengkung
Ton Per Inchi
Skala Tegak Iisi Kotor (Dispacment), dan
Skala Tegak Bobot Mati (DWT)
Dari lengkungan isi kotak dapatlah direncanakan Skala isi tegak isi
tolak danskala tegak bobot mati (DWT)
Skala amat banyak di gunakan di kapal
Susunannya adalah sedemikian rupa sehingga
orang mudah sekali iktisar dari jenis berat muatan yang berada di kapal pada
setiap sarat (draf) tertentu
Contoh:
VIII. PLIMSOL MARK
VIII.a. Gambar
Garis Dek
300 mm`
Dep
TF
F 230 mm
230 mm
T
S
300 mm W
450 mm WNA
Keterangan gambar:
(a = W / 40 Tpi )
( b = 1/ 48 x Draft )
TPI = Ton Per Inch Immersion
TF : Garis
mutan di daerah air tawar khatulistiwa ( Tropic fresh)
F : Garis
mutan di dareerah air tawar ( fresh )
T :
Garis muatan musim tropic (Tropic)
S : Garis
muatn musim panas (Summer)
W : Garis
muatan musim dingin (Winter)
W.N.A : Garis muatan
musim dingin Atlantik Utara (Winter North Atlantic)
G.L. :Germanche Llyod ( Badan
Klasifikasi Internasional)
Tabel
dri garis – garis ini adalahsatu inch dan titik tengah lingkaran adalah segaris
dengan garis S dan jaraknya masing – masing seperti terlukis di atas.
Lingkaran, huruf – huruf, garis – garis terlukis dengan cat putih atau kungin,
pada lambung kapal kiri dan kanan gelap.
Definisi :
Yaitu
suatu tanda di lambung kiri kapal dan kanan yang berhubungan dengan keselamatan
dalam pelayaran.
Fungsinya :
Untuk
membatasi pemutan kapal sehingga kapal tersebut masih memiliki daya apung
cadangan (lambung timbul/ freeboard) yang cukup bila mampu berlayar di berbagai daerah pelayaran /
zona dengan berbagai macam musim.
VIII. C. BERBAGAI MACAM MUSIM
Gambar: KU
Periodik
Winter North Winter
Permanent
Summer Zone
E
Permanent Tropik Zone
Permanent
Summer Zone
Periodik
Winter North Winter
KS
Keterngan :
`Untuk
permanen tropic zone, boleh memuat sampai batas garis T sepanjang tahun.
`Untuk
permanen summer zone, boleh memut sampai sepanjang garis S sepanjang tahun.
`Untuk
periode winter north zone, pemutannya:
(S)
= Summer, dari tanggal 16 april – 15 oktober
(panas dan semi).
(W) =
winter, dari tanggal 16 april – 15 oktober.
`Untuk
periode winter south zone, pemutannya:
-
Summer,
dari tanggal 16 oktober – 15 april.
-
Winter,
dari tanggal 16 apri – 15 oktober.
Keteranagan tambahan:
-
Diatas
lintang 35º U kapal berlayar memakai WNA
-
Dibawah
lintang 35º U kapal berlayar selain memakai WNA
-
Bagi
kapal – kapal tanker yang panjangnya lebih besar dari 330 feet (1100) tidak di
haruskan memuat garis WNA. Khusus kapal tanker jarak garis muat W sampai dengan
WNA. 1 inchi untuk setiap 100 feet panjang kapal tanker, karena kapal tanker
memut barang berbahaya (minyak ) dalam jumlah yang besarmuatannya.
VIII. d. Lambung timbul
kapal
Yaitu lambung yang timbul di
permukaan air yang batas deck line sampai batas musim di mana kapal berlayar.
Makin besar free board nya maka makin besar jugalah daya apungnya begitu juga
sebaliknya.
Untuk garis T (tropic), S (summer), W ( winter), WNA (winter north atlantic), berlaku untuk air
laut yang Bj nya = 1,025. untuk garis TF (tropic fresh), dan F (fresh), berlaku
untuk air tawar yang Bj nya 1000untuk jarak b 1/48 Summer draft, atau ¼ inchi
untuk seyiap 1 feet summer.
VIII. e. Badan – Badan Internasional yang Terkenal dan Berwenang dalam
Klafikasi Kapal
GL :
Germanische Llyd (Jerman)
KI : kasifikasi Indonesi (Indonesia)
AB : American beareuof shiping (Amerika)
NK : Nipon kaiji kyoksi (Jepang)
NV : Det Norshe Vritas (Norwegia)
BV : Bureu Veritas of Shipping (prancis)
Dari siat vertical
dead weight scale (skala tegak boot mati) diketahui berat benaman kapal kosong
(light ship displasment) adalah 3.500 ton.
Ditanyakan:
a. berapa DWT saat berat benaman 6.800 ton ?
b. berapakah berat benaman pada DWT 2.600
ton?
Jawab : Displement = berat benaman = berat
zat cair yang di pindahkan.
Berat
benaman = light disph + DWT
Jadi :
- DWT = 6.800 – 3.500 = 3.300 ton.
- Disp = 3.500 + 2.800 = 6.100 ton.
sumber :
CAPT. RUBIANTO
CAPT. RUBIANTO
Komentar
Posting Komentar